alat-alat reproduksi pada manusia

2.Proses pengolahan akan berpengaruh positip terhadap nilai gizi atau komponen pangan;

1.Protein ; Dengan proses pemanasan baik itu penggorengan,perebusan,ataupun pengukusan akan menyebabakan akan terjadi denaturasi protein sehingga lebih mudah di cerna,membuat ikatan protein lebih terbuka sehingga enzim dapat masuk, dan pencernaan menjadi lebih baik.Tekstur makanan menjadi lebih lunak akibat penguraian jaringa.Misalnya,daging diolah menjadi masakan semur,Namun,jika pemanasan di lakukan secara berlebihan pada suhu tinggi dan waktu lama.maka denaturasi menjadi berlebihan sehingga terjadi degradasi protein,terputus/rusak ndak bisa di cerna.

2.Karbohidrat

Proses pemanasan akan mengubah bentuk komponen utama karbohidrat (pati) menjadi dekstrin yang mkempunyai sifat lebih mudah di cerna  dan menimbulkan bau yang lebih harum.Dengan adamya air dan panas,karbohidrat menjadi lebih larut,dan manis,misalnya;beras dimasak menjadi nasi,singkong direbus rasanya menjadi lebih manis.

3.Lemak

Lemak merupakan komponen pangan yang berfungsi sebagai media untuk vitamin yang larut dalam lemak.Dengan pemanasan akan memberikan bau yang harum dan sedap karena lemak rantai pendek  menguap lebih kuat.Jika pemanasan terlalu tinggi dapat menghasilkan radikal bebas  penyebab kanker,misalnya,hasil pembakaran sate yang gosong.

4.Mineral

Proses pengolahan tidak menyebabkan kandungan mineral dalam makanan menjadi rusak tetapi bentuknya berubah menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh.

5.Zat-Zat Toksik

Zat Toksik dapat dihilangkan (menguap,terlarut,atau terurai) melalui proses pengolahan baik itu penjemuran,perendaman,dan pemanasan.

6.Vitamin

Vitamin yang larut lemak (A,D,E,Dan K ) relative lebih stabil selama pemanasan di bandingkan dengan vitamin yang larut  dalam air.Namun vitamin ini sangat sensitive terhadap oksigen dan cahaya dalam ultra violet.Kestabilan vitamin larut lemak akan meningkat jika bergabung dengan bahan makanan sumber lemak.

4.Alat-alat Repreduksi laki-laki dan wanita dan fungsi masing-masing al;

1.Repreduksi laki-laki

Sistem repreduksi laki-laki terdiri atas beberapa organ antara lain;testis,vas deferens,kantong sperma,dan penis.

a.Testis berfingsi; memproduksi sel sperma, b.Vas deferens adalah saluran yang dilewati sperma setelah diproduksi oleh testis.c.Saluran vas deferens menghubungkan testis dengan kantong sperma.d.Kantong Sperma berfungsi;Untuk menampung Sperma yang di produksi oleh testis sebelum di keluarkan. e.Penis,digunakan untuk mentransper Sperma atau pelepasan sel-sel  ke saluran sel kelamin wanita.

2.Repreduksi Wanita;

Alat Repreduksi merupakan organ yang sangat sensitive dan sangat vital,Repreduksi merupakan kebutuhan setiap manusia untuk mendapatkan keturunan;

Repreduksi Wanita terdiri atas empat bagian,yaitu;

a.Tuba fallofi disebut juga saluran atau tabung fallofi.tuba fallofi merupakan pipa yang ujungnya yang berbentuk  corong  dan mempunyai rumbai-rumbai,Rumbai-rumbai itu menangkap sel telur setelah di lepaskan dari ovarium (masa ovulasi).Di saluran atau tabung fallopi inilah biasanya sel telur di buahi oleh sperma. b.Ovarium disebut juga Indung telur,Ovarium berpungsi menghasilkan sel telur,Ovarium berjumlah dua buah,terletak pada bagian kiri dan kanan rongga perut bagian bawah,Ovarium mampu memproduksi sel telur setelah wanita memcapai dewasa.

3.Uterus disebut juga Rahim

Rahim merupakan ruangan tempat tumbuh dan berkembangnya emberio  menjadi janin,pada saat pertumbuhan janin,dinding Rahim mempunyai banyak pembuluh darah sehingga dindingnya menebal.

4.Vagina disebut juga Peranakan

Vagina merupakan saluran terluar  dari alat kelamin wanita,melalui saluran itulah sperma di masukkan ke dalam saluran kelamin wanita,melalui saluran itu pula bayi di lahirkan.Sperma yang di tumpahkan  ke dalam saluran kelamin wanita jumlahnya jutaan,Namun,satu yang dapat membuahi sel telur.

5.a.Gen merupakan pembawa sifat keturunan dari induk yang tersimpan di dalam lekus yang berada

Di dalam kromosom.Setiap gen mempunyai tugas dan waktu beraksi sendiri-diri,ada juga gen yang    beraktifitas saat emberio da nada gen beraktifitas  saat anak-anak dan seterusnya.Fungsi pokok dari Gen antara lain; a.Menyampaikan informasi genetic kepada generasi berikutnya.b.Mengatur perkembangan dan metabolism individu.

b.Kromosom berada dalam inti sel semua mahluk hidup.Kromosom adalah; benda-benda halus yang berbentuk lurus atau bengkok yang berada di dalam nucleus.Kromosom dapat menyerap warna dengan jelas pada saat pembelahan  sel,atau Kromosom tempat melekatkan benang-benang spidel yang menggerakkan kromosom selama pembelahan sel.

c.DNA

    DNA merupakan makromo lekul berupa benang atau rantai yang sangat panjang yang terbentuk dari sejumlah besar deoksiribonukleotida,yang masing –masing tersusun dari satu basa,satu gula,dan satu gugus posfat.Panjang rantai DNA pada genon setiap organisme berbeda-beda,berkisar antara 10 sampai 10 pasang basa.Basa pada molekul DNA membawa informasi genetic,sedangkan gula dan gugus fosfat mempunyai fungsi structural.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s